Sistem Pengelolaan Sampah di Kota

Selamat pagi pembaca, berjumpa lagi dengan kita orang minuz, kali ini akan berbagi tentang bagaimana sih proses pengelolaan sampah di kota ? Kota adalah salah satu tempat yang menghasilkan sampah, baik sampah yang dihasilkan oleh penduduk, industri atau sebagainya. Oleh karena otu diperlukan sistem pengelolaan sampah di kota secara efisien untuk mencegah perkembangan jumlah sampah yang sulit dikendalikan. Mari kita lihat bagaimanakah skema pengelolaan sampah di Kota :)

Berikut adalah skema pengelolaan sampah yang dapat diterapkan di kota.

1) Pemilahan
Pemilahan adalah dasar dari sistem pengelolaan sampah yaitu menampung sampah menjadi beberapa macam sesuai kategori sampah tersebut. Biasanya sampah dapat dibedakan menjadi 3 berdasarkan jenisnya. 

 2) Pengumpulan

Yaitu pengumpulan sampah dikonsentrasikan pada tempat-tempat tertentu. Seperti Dipo (tempat pengumpulan sampah sementara yang meliputi satu kelurahan)



3) Pengangkutan

Yaitu pengangkutan sampah dari TPS (Tempat Penbuangan Sementara) menuju TPA (Tempat Pembuangan Akhir) oleh dinas kebersihan. Pengenkutan dapat dilakukan setiap minggu sekali atau sebulan sekali, dan dapat dikerjakan dengan sistem pembagian setia zona TPS.



4) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 

   TPA sebagai tempat tujuan akhir sampah atau penampungan sampah terakhir harus memiliki syarat:

a. Digunakan 5-10 tahun
b. Tidak berpotensi mencemari sumber air
c. Tidak berlokasi di daerah banjir
d. Jarak dari daeraj pusat pelayanan kuarang lebih 10 km
e. Daerah yang tidak produktif untuk peertaniaan 


Demikian tentang Sistem Pengelolaan Sampah di Kota, Semoga artikel ini dapat bermanfaat :) Amiiin.
Oz Labels: 6:58 PM 5 comments

5 comments

Back to Top