Cara Pengelolaan Air Kotor Menjadi Bersih







      Selamat pagi pembaca , bertemu lagi dengan kita para orang minuzz, Oiya jika kemarin kami berbagi tentang pengelolaan limbah cair, kali ini kami berbagi tentang bagaimana mengelola air kotor menjadi air bersih. Jika pembaca lupa artikel kemarin, bisa anda lihat Disini .

     Air bersih adalah air yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita tanpa menyebabkan gangguan terhadap si pemakai. Air bersih dapat didapat melalui berbagai macam cara seperti mengambil dari sumber air dll. Namun terkadang sumber air menghasilakan air yang dapat kita sebut kotor kerena dapat menggangu kesehatan dan tidak selalu menghailkan air bersih, oleh karena itu diperlukan sistem pengelolaan ar kotor menjadi air bersih yang sehat.




     Pengelolaan air bersih terdiri dari 3 segi yaitu fisika, kimia, dan biologis. Skema pengelolaan air bersih di indonesia sebagai berikut:



1. Bangunan intake / bangunan pengumpul air




Bangunan ini bertugas mengumpulkan air dari sumber air seperti sungai, danau dll. Air yang terkumpul masih membawa berbagai macam kotoran seperti sampah, daun.










2. Bak prasedimentasi /optional






Bak ini dipakai untuk menampung air yang memeiliki ciri-ciri turbiditasnya tinggi (berwarna keruh). Bak ini berfungsi mengendapkan partikel-partikel distrik seperti pasir, besi.

3.WTP (Water Treatment Plan )






     Yaitu bangunan pokok dari pengelolaan air bersih, bangunan ini memiliki bagian-bagian tersendiri yaitu Koagulasi (destabilisasi zat-zat koloid yang dibawa air), flokulasi ( pengendapan kotoran dengan aliran pelan), sedimentasi (pengendapan koloid yang telah didestabilasi), filtrasi (penyaringan dengan media butiran), desinfeksi (penmabahan senyawa kimia yang daat membunuh kuman dan bakteri), reservoir (penampungan sementara air yang sudah bersih).

     Dengan menggunakan metode di atas, kita dapat mengubah dari air kotor menjadi air bersih, sehingga nantinya kita tidak menemukan lagi daerah yang sulit air bersih ataupun kekurangan air bersih. Pemerintah harus mengambil andil yang besar dalam hal ini supaya metode seperti ini dapat digunakan menyeluruh di daerah pelosok negeri kita tercinta , Indonesia hhe ^_^

  Bagaimana ? Sudah tahu kan pembaca bagaimana cara mengelola air kotor menjadi air bersih ?
     Semoga artikel tentang Cara Pengelolaan Air Kotor Menjadi Bersih di buat, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua . Amiin










Oz Labels: 4:24 PM 1 comments

1 comment

  1. Cara Mengelola air kotor menjadi air bersih >> http://rumah-sampah.blogspot.com/2013/11/cara-pengelolaan-air-kotor-menjadi.html

    ReplyDelete

Back to Top