Pengelolaan Limbah yang Baik


   Selamat pagi pembaca , kali ini penulis akan berbagi tentang bagaimana cara mengelola limbah yang baik itu ? Pada hakekatnya kita sebagai manusia adalah pembuang sampah yang baik, hampir semua kegiatan hidup kita menghasilkan sampah. Baik dalam aspek rumah tangga, perkantoran, maupun perindustrian mengambil tempat dalam penumpukan sampah di lingkungan kita. Dari sampah yang lama kelamaan akan menimbun dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Masalah yang timbul seperti pencemaran lahan kosong, pencemaran yang terjadi di sungai, pencemaran udara dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Masalah sampah dapat diatasi dengan berbagai macam cara salah satunya pengelolaan sampah.
Cara pengolahan sampah terdiri dari beberapa tahapan yaitu :


1.Pemisahan

    Maksudnya, kita harus memisahkan sampah sebelum dikelola. Karena sampah dapat dipisahkan menjadi 2 jenis yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang masih bisa diurai lagi oleh pengurai, misalnya sampah yang berasal dari tumbuhan, dan daging. Dan sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa diurai tetapi masih bisa didaurulang kembali, misalnya plastik, kaca, logam, dan kertas.


Gambar 1.1 pemisahan sampah




2. Pengolahan

   Pengolahan sampah disini terdiri dari tiga tahap yaitu :
a. Pengurangan

   Pengurangan berarti untuk mengurangi terjadinya penumpukan sampah agar tidak terlalu banyak. Yaitu dengan menggunakan barang/produk yang bahannya masih bisa didaurulang. Karena proses pendaurulangan tersebut bisa mengurangi penumpukan sampah, sehingga masalah-masalah yang ditimbulkan dari sampah bisa sedikit teratasi. Barang-barang yang bisa didaurulang yaitu sampah anorganik. Contohnya yaitu, pemakaian kertas hasil daurulang, pengguanan plastic yang masih bisa didaurulang kembali dan masih banyak lagi.



Gambar 2.1 Penumpukan sampah

· b. Pemanfaatan kembali



Gambar 2.2 Recyle

Pemanfaatan kembali maksudnya memanfaatkan sampah-sampah yang masih bisa digunakan/dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya yaitu, pengguaan kaleng bekas untuk tempat sampah, pembuatan mainan dari kaleng-kaleng bekas dan masih banyak lagi.
· c. Pendaurulangan

   Pendaurulangan yaitu pemprosesan/pengolahan kembali sampah-sampah yang bahannya bisa didaurulang menjadi suatu produk yang baru. Bahan-bahan yang digunakan dari pendaurulangan sampah yaitu sampah anorganik yang didaurulang menjadi mainan, kertas hasil daurulang, vas bunga, gelas dll. Dan juga sampah organic yang didaurulang menjadi pupuk kompos.




   Dengan kita mengambil langkah untuk mendaur ulang sampah, kita bahkan dapat membuat produk baru yang bernilai sekaligus kita mengurangi penumpukan sampah. berikut contoh produk yang di hasilkan dari mendaur ulang sampah.



Gambar 3.1 Produk Daur Ulang Sampah


Gambar 3.2 Produk Daur Ulang Sampah



Gambar 3.3 Produk Daur Ulang Sampah

   Langkah-langkah tersebut adalah cara pengolahan sampah yang baik dan benar, dengan penggunaan atau penerapan pengelolaan sampah dengan cara ini di harapkan dapat mengurangi maslah yang dapat ditimbulkan oleh sampah. Amin 

Demikian Artikel tentang pengelolaan limbah yang baik ini dibuat , dan semoga bermanfaat :)















Oz Labels: 6:42 PM 1 comments

1 comment

  1. pengelolaan limbah yang baik http://rumah-sampah.blogspot.com/2013/11/pengelolaan-limbah-yang-baik.html :D

    ReplyDelete

Back to Top